Monday, June 11, 2012

Sya'ban, Arena Persiapan Ramadhan

Bulan Rajab telah memasuki pertengahan, tidak terasa sebentar lagi Sya'ban dan bulan Ramadhan bulan penuh ampunan akan segera menjelang. 

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan Ramadhan merupakan 'tamu agung' yang dinantikan kedatangannya oleh segenap muslim di seluruh dunia. Menjelang datangnya 'tamu agung', sudah semestinya setiap muslim mempersiapkan kedatangannya. Persiapan kedatangan Ramadhan, dimulai dari bulan Sya'ban.


Ada beberapa hadits shahih yang menjelaskan tentang keutamaan shaum di bulan Sya'ban, akan tetapi hadits-hadits yang ada tidak menyebutkan atau mengkhususkan satu hari tertentu. Salah satu diantaranya adalah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa Aisyar ra. berkata:

"Saya tidak melihat Rasulullah SAW. shaum sebulan secara sempurna kecuali di bulan Ramadhan, dan saya tidak pernah melihatnya lebih banyak shaum dalam satu bulan dari shaum di bulan Sya'ban."

Dari Utsamah bin Zaid ra. dia berkata kepada Rasulullah saw.: "Aku belum pernah melihatmu shaum pada bulan-bulan yang lain sebagaimana shaum di bulan Sya'ban." Rasulullah saw. bersabda: "Dia adalah bulan yang banyak dilalaikan oleh manusia yaitu antara Rajab dan Ramadhan, dia adalah bulan yang pada saat itu segala amal diangkat kepada Rabb alam semesta, maka aku ingin (menyukai) amalku diangkat sedangkan aku dalam keadaan shaum." (HR. Imam Ahmad dan Nasa'i)

Selamat memperbanyak shaum dan meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Sya'ban yang sebentar lagi menjelang, sebagai persiapan kita untuk menyambut sebuah bulan penuh keberkahan yaitu bulan Ramadhan.

0 comments:

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan tidak boleh ada SARA
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga tali Silaturrahim kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Yogi Hendra Kusnendar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...