Monday, June 11, 2012

Do'a Khusus Sambut Ramadhan?

Apakah ada do'a khusus menjelang hari pertama bulan Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah saw?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Syaik Shalih al-Fauzan menjelaskan dalam kitabnya al-Muntaqa min Fatawaya sebagai berikut:

"Saya tidak mengetahui adanya do'a khusus yang dibaca menjelang masuknya bulan Ramadhan. Yang ada hanyalah do'a umum yang dibaca untuk seluruh bulan. Rasulullah saw. apabila melihat hilal (awal bulan), baik bulan Ramadhan ataupun bulan lainnya selalu membaca do'a:

"Allahumma ahillahu 'alaina bilyumni wal imaani wassalaamati wal islaami hilaalu khairin warusydin rabbii warabbukallahu"

Artinya: "Ya Allah terbitkanlah (dan tampakanlah) hilal itu kepada kami dengan keberkahan dan keimanan serta keselamatan dan keIslaman. (jadikanlah dia) Hilal kebaikan dan petunjuk, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah." (HR. at-Tirmidzi dari Thalhah bin 'Ubaidah ra.)

Dalam riwayat lain disebutkan:

"Allaahuakbaru ahillahu 'alaina bil amni wal iimaani wassalaamati wal islami rabbi warabbukallahu"

Do'a ini dibaca ketika melihat hilal bulan Ramadhan atau bulan-bulan lainnya. Adapun mengkhususkan membaca do'a-do'a tertentu ketika memasuki bulan Ramadhan, tidaklah diketahui riwayatnya. Akan tetapi, apabila seorang muslim berdo'a kepada Allah agar membantunya menjalankan shaum di bulan itu dan agar Ia berkenan menerima shaumnya, maka tidaklah mengapa. Hanya saja kita tidak boleh menentukan do'a-do'a tertentu sebagai do'a khusus. (dibahasakan ulang dari Majalah Al-Fatawa, vol. 10/thn.I/1424)

Dalam kitab Hilyatul Auliyaa disebutkan, dahulu kaum salaf apabila tiba bulan ramadhan, mereka menyambutnya dengan kata-kata yang baik, diantaranya Yahya bin Abi Katsir memanjatkan do'a:


"Allahumma sallimnii liromaadhoona wasallim lii romadhoona watasallamhu minni mutaqobbalan"


Artinya: "Ya Allah bawalah diriku kepada bulan Ramadhan, bawakanlah bulan Ramadhan kepadaku dan terimalah (amalan-amalan) pada bulan Ramadhan dariku."

0 comments:

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan tidak boleh ada SARA
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga tali Silaturrahim kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Yogi Hendra Kusnendar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...