Tuesday, September 8, 2009

Jasper, Batu Merah Dari Pancatengah

Batu merah Jasper (Inggris) atau Jaspis (Indonesia), merupakan anggota mineral keluarga kuarsa (quartz family mineral), diduga merupakan hasil dari aktifitas gunung api bawah laut pada masa jutaan tahun yang lalu.


Sekitar 25 hingga 30 juta tahun yang lalu, di sekitar Tasikmalaya Selatan, mulai dari Karangnunggal, Cipatujah dan Pancatengah merupakan kompleks gunung api bawah laut yang aktif.

Aktifitas gunung api bawah laut tersebut memungkinkan terjadinya proses hidrotermal yang menghasilkan meineralisasi mangan di Karangnunggal dan zeolit di Cipatujah. Proses hidrotermal di laut kidul Tasikmalaya purba juga menghasilkan lapisan jasper yang kini tersingkap sebagian di Sungai Cimedang Pancatengah.

Bongkahan batu merah yang oleh penggemar batu mulia sering disebut biduri ati ayam (karena warnanya mirip hati ayam) ini banyak berserakan di Sungai Cimedang dan Kampung Pasirgintung Pancatengah dapat dikatakan  merupakan satu-satunya di dunia. Berdasarkan identifikasi yang pernah dilakukan, setidaknya terdapat 120 bongkahan batu merah yang terletak di daratan sekitar Cimedang, belum lagi bongkahan batu yang terdapat di tengah sungai. Bongkahan batu tersebut ukurannya ada yang mencapai berat lebih dari 5 ton.

Keberadaan hamparan jasper di Pancatengah yang beragam warna, seperti coklat, kuning, hijau, hitam dan merah yang sangat dominan  telah menarik perhatian seorang pengusaha Jepang yang telah berhasil mengevakuasi sekitar 3000 ton batu merah dari Pasirgintung dan Cimedang. Selain itu sekitar 1500 ton dikirim ke seorang pengusaha batu mulia di Purwakarta. Hal ini tentu saja cukup mengkhawatirkan, sehingga keberadaan jasper di Cimedang teancam punah.

Sebenarnya Jasper di sekitar Cimedang dan Pasirgintung dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata geopark, sekaligus untuk melindungi keberadaan Jasper Pasirgintung yang secara kuantitas dan kualitas langka sekali di dunia. Maka menjadi kewajiban Pemerintah Daerah serta masyarakat Kabupaten Tasikmalaya umumnya untuk mengelola potensi jasper Pasirgintung Pancatengah dengan bijaksana.

Cobalah renungkan penggalan kinanti "Gawir Jeung Batu Beureum" karya Wahyu Wibisana di bawah ini :

Nangtawing gawir Galunggung,

Beureum ruhay mawa ketir,

Batu rentul di Cimedang,

Beureum mirah darumeling,

Eta kabeh nu urang,

Tawis asih ti Nu Hiji

(disarikan dari buku : MERAHNYA BATU MERAH, Taman Jasper Tasikmalaya, oleh Kelmpok Riset Cekungan Bandung)

Sumber tulisan: http://www.tasikmalayakab.go.id

0 comments:

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan tidak boleh ada SARA
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga tali Silaturrahim kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Yogi Hendra Kusnendar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...