Monday, July 9, 2012

Hukum Membatalkan Puasa

Pertanyaan:
Apakah ancaman Allah swt. bagi orang yang sengaja berbuka pada bulan Ramadhan tanpa udzur syar’i, karena biasanya mendekati hari iedul fithri banyak diantara kaum muslimin yang membatalkan puasanya dengan sengaja?

Jawab:
Mengenai ancaman bagi orang yang sengaja berbuka puasa di bulan ramadhan, di bawah ini kami kutipkan hadits rasulullah saw. yang berbunyi:

“Dari abi Umamah al Bahili ra. Ia berkata: aku pernah mendengar rasulullah saw. bersabda: ketika aku tidur, datanglah dua orang pria kemudian memegang kedua lenganku, membawaku ke suau gunung yang kasar (tidak rata), keduanya berkata: Naiklah. Lalu aku katakan: aku tidak mampu. Keduanya berkata: kami akan memudahkanmu. Maka aku pun naik sampai ke puncak gunung, ketika itulah aku mendengar suara yang sangat keras, akupun bertanya: suara apakah itu? Mereka menjawab: ini adalah teriakan penghuni neraka. Kemudian keduanya membawaku, ketika aku melihat orang-orang yang digantung dengan kaki di atas, mulut mereka rusak dan robek, darah mengalir dari mulut mereka, aku bertanya: siapakah mereka? Keduanya menjawab: mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum halal puasa mereka (sebelum tiba waktu berbuka).” (HR. An-Nasai dalam al-Kubra sebagaimana dalam Tuhfatul  Asyraf (4/166) dan Ibnu Hibban (no. 1800) dan al-Hakim (1/230) dari jalan Abdurrahman bin Yazid bin Jabir dari Salim bin Amir dari Umamah. Sanadnya shahih). [dikutip dari Sifat Puasa Nabi saw., syaikh Salim bin Ied al-Hilali dan Saikh ‘Ali Hasan Abdul hamid]

(diambil dari tanya jawab di buletin al-bahr Pusdiklat Dewan Da'wah)

0 comments:

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak dan tidak boleh ada SARA
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga tali Silaturrahim kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Yogi Hendra Kusnendar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...